Tekanan Hidup

Gambar mungkin berisi: teks
Semakin dewasa kita akan memperoleh tambahan beban yang semakin berat. Semakin mengerti kita akan semakin mendapatkan banyak pertanyaan. Semakin jauh kita melangkah akan semakin banyak rintangan. Begitulah kehidupan.
Sebagian di antara kita terkadang mengeluh, bahkan sampai menangis bila tidak mampu menanggung beban kehidupan. Seperti aku, misalnya, orang yang tidak jelas arah dan tujuan hidup ini hanya mampu berjalan. Entah ke mana yang jelas selalu berjalan. Sampai akhirnya kusadari, ternyata mencari tidak semudah diberi. Berjalan tidak semudah berdoa. Butuh keberanian untuk melewati berbagai rintangan yang extreme. Dan keberanian itu berasal dari Hati.
Akan ada saatnya kita bersemangat. Juga ada saatnya kita akan terjatuh. Jika saja kita bisa memprediksi perjalanan ke depan, maka tidak ada istilah untuk 'terjatuh'. Dan itu mustahil! Bagaimanapun juga kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi di depan. Jadi, yang terbaik untuk dilakukan adalah meminta bantuan. Iya, kita tidak akan mampu berjalan sendiri. Kalau toh bisa, kekuatan kita terbatas. Namun, masih ada hati yang bisa diandalkan. Hati yang akan mendorongmu maju. Hati yang kuat adalah hati yang percaya akan dirinya sendiri! Akan tetapi, kita tetap akan terjatuh. Entah kapan dan di mana.
Jika kita benar-benar terjatuh, jangan menyerah, Kawan. Jangan putus asa! Jangan kau tinggalkan doa. Jangan kau patah semangat. Berdoalah kepada sang Pencipta Segalanya. Semoga Dia menguatkan hati dan tubuh kita untuk melangkah melewati rintangan yang extreme dalam kehidupan ini. Kita tidak tahu, semakin ke depan semakin berat dan susah. Beban tidak akan membuat kita berhenti. Karena beban, justru akan membuat kita semakin kuat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tanya

Tenang

Mencandu